• MAN 2 CIAMIS
  • MADRASAH PLUS KETERAMPILAN

Tingkatan Penguatan Karakter Siswa, MAN 2 Ciamis Gelar Kegiatan Ramadhan di Madrasah

 

Ciamis,- Humas MAN 2 Ciamis

Dalam mengisi kegiatan Ramadhan 1445 H, MAN 2 Ciamis menggelar serangkaian kegiatan keagamaan yang dibina oleh para dewan guru terkhusus guru PAI guna meningkatkan penguatan karakter secara nyata dan bekal pada siswa dalam urusan dunia maupun akhirat. Bertempat di Masjid Al Hidayah MAN 2 Ciamis, Jumat ( 15/03).

Kepala MAN 2 Ciamis, Drs. Aris Mujiraharjo, M.Pd.I, ketika dimintai tanggapan oleh Humas ( 15/3) membenarkan bahwa dalam mengisi kegiatan Ramadhan, Siswa siswi MAN 2 Ciamis diarahkan ke dalam peningkatan kualitas pendidikan Agama. Dimana kegiatan ini mengacu pada surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI dan kalender pendidikan, serta juga untuk menumbuhkan penguatan karakter siswa dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan tahun 1445 H, kita mengacu pada surat edaran Ditjen Pendis nomor 180.5/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2024 tertanggal 1 Maret 2024 dan kalender pendidikan” ujaranya 

Lanjut beliau mengatakan kegiatan keagamaan di bulan ramadhan ini merupakan bentuk perhatian terhadap siswa-siswi MAN 2 Ciamis sebagai langkah mengembangkan potensi diri. Bahkan agenda kegiatan pembelajaran selama ramadhan ini dibagi menjadi dua tahap yang mana tahap pertama dari tanggal 13 - 15 maret siswa kelas X mengikuti kegiatan keagamaan bertempat di masjid sekolah sedangkan kelas XI belajar seperti biasa serta untuk kelas XII kegiatan belajar mempersiapkan AM (Asesmen Madrasah). Sedangkan untuk tahap kedua seluruh siswa akan mengikuti kegiatan Ramadhan yang di fokuskan di dua tempat untuk perempuan di aula MAN 2 Ciamis sedangkan untuk laki laki di masjid madrasah.

“Bukan hanya menyelenggarakan kegiatan ramadhan di madrasah, MAN 2 Ciamis juga mengirimkan 50 peserta yang terdiri dari siswa kelas X dan XI untuk mengikuti kegiatan pesantren ramadhan tingkat Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan di Islamic Center Ciamis dari tanggal 19 maret sampai 21 maret 2024” ungkapnya.

Sementara itu, Asep komarudin, S Pd.I tim penggerak kegiatan keagamaan sekaligus wakil kepala bidang kesiswaan juga menambahkan bahkan ketika jeda AM (asesmen madrasah) kelas XII, siswa kelas X dan XI dari tanggal 18 s.d 30 maret 2024 para siswa belajar di rumah dan diwajibkan mengikuti kegiatan keagamaan di kampung masing - masing dengan diberikan tugas rumah seperti buku kegiatan Ramadhan berbasis online. 

Lanjutnya setelah jeda AM (asesmen madrasah) para siswa kembali ke madrasah untuk mengikuti rangkaian kegiatan ramadhan yang dimulai pada pukul 08.00 dengan melaksanakan Shalat Dhuha secara berjamaah di masjid dilanjutkan dengan Tausiyah Agama yang disampaikan oleh penceramah dari rekan-rekan guru di lingkungan madrasah.

“Semoga kegiatan ramadhan yang diselenggarakan di madrasah dapat meningkatkan nilai-nilai kebaikan dalam Islam dan membantu para siswa/i meningkatkan kualitas diri serta menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya serta siswa dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan serta memiliki akhlak yang baik pula dalam menunjang kehidupan sehari-hari nantinya” harapnya.

Sementara itu, Amalia Zahara kelas X agama menjelaskan bahwa pihaknya merasa senang dengan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dengan bimbingan para dewan guru bukan hanya menambah ilmu agama tetapi juga bisa meningkatkan penguatan akan pengetahuan tentang amalan amalan ibadah ramadhan serta pemahaman secara menyeluruh tentang pentingnya bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan yang positif.

“ Alhamdulillah saya sangat senang mengikuti rangkaian kegiatan keagamaan di bulan ramadhan di MAN 2 Ciamis karena materi yang disampaikan sangat mendalam dan juga banyak interaksinya bersama siswa yang membuat kegiatan menjadi lebih menarik” ujarnya (HR)

 

Kontributor: Heri HR

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Rapat Pleno Kelulusan Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Ciamis Luluskan 294 Peserta Didik

Ciamis, -(Humas mAN 2 Ciamis)   Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ciamis plus Keterampilan menggelar rapat penentuan kelulusan siswa kelas XII tahun ajaran 2023/2024 yang dihadiri o

07/05/2024 09:18 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 38 kali
INFO : SELEKSI CALON SISWA BARU JALUR BOLA VOLI

  Diberitahukan bahwa seleksi calon siswa baru JALUR BOLA VOLI akan dilaksanakan pada : Hari : Sabtu-Ahad Tgl : 27-28 April 2024 Waktu : 07.30 WIB s.d. selesai Tempat : MAN

24/04/2024 11:39 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 72 kali
Semangat Berbagi, OSIS dan Forum Ekskul MAN 2 Ciamis Plus Keterampilan Bagikan 250 takjil

Ciamis, Humas MAN 2 Ciamis  Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan forum Ekskul MAN 2 Ciamis Plus Keterampilan melakukan kegiatan berbagi takjil gratis sebagai momen Ramadhan y

30/03/2024 17:57 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 329 kali
18 Siswa MAN 2 Ciamis Lulus Seleksi PTN Melalui Jalur SNBP 2024

Ciamis,- Humas MAN 2 Ciamis Sebanyak delapan belas siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis berhasil lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestas

30/03/2024 17:43 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 187 kali
30 Siswa MAN 2 Ciamis Ikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten /Kota (OSN-K) Tahun 2024

Ciamis,- Humas MAN 2 Ciamis Sebanyak 30 Siswa MAN 2 Ciamis ikuti ajang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten /Kota (OSN-K) Tahun 2024, dari tanggal 26-27 Maret 2024, bertempat di

26/03/2024 13:49 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 130 kali